Coba Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Ini

Coba Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Ini

Kutu rambut adalah serangga kecil yang ditemukan di kepala manusia. Mereka tumbuh seukuran kepala pin, biji wijen atau butiran pasir. Kutu hidup di rambut dan memberi makan dengan mengisap darah dari kulit kepala. Mereka berwarna abu-abu pucat (sebelum menyusui) dan coklat kemerahan (setelah menyusui). Ada banyak cara yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan kutu rambut.

Dari mana kutu itu berasal?

Perkiraan pasti berapa banyak orang yang terkena kutu per tahun sulit dijabarkan. Sumber Tepercaya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperkirakan bahwa ada sekitar 6 hingga 12 juta kasus per tahun di Amerika Serikat di antara anak-anak usia 3 hingga 11 tahun.

Karena kutu hanya bisa merangkak dan bertahan hidup di luar kepala Anda selama 24 jam, sebagian besar infestasi datang dari kontak langsung langsung. Jika seseorang yang Anda kenal memiliki kutu, kemungkinan mereka mendapatkannya dari teman, anggota keluarga, atau orang asing dengan siapa mereka memiliki kontak dekat. Item yang dibagikan seperti topi atau kuas juga dapat menjadi penyebab serangan kutu.

Banyak orang percaya bahwa pengobatan rumahan dapat membunuh kutu, telur, atau keduanya. Di bawah ini, pelajari tentang cara menghilangkan kutu rambut, serta kapan harus mencari perawatan medis dan bagaimana mencegah kutu menyebar.

  1. Minyak adas manis

Minyak adas manis dapat melapisi dan mencekik kutu. Sebuah studi pada tahun 2018 tentang obat alami untuk kutu pada anak-anak menemukan bahwa minyak adas manis adalah salah satu obat alami paling efektif. Meskipun obat alami lain sering efektif, minyak adas manis adalah satu dari hanya dua yang menghilangkan kutu secara permanen. Orang-orang yang menggunakan obat herbal lain biasanya melaporkan reinfestasi dalam beberapa bulan.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun menawarkan manfaat serupa dengan minyak adas manis, berpotensi kutu mati lemas dan mencegahnya kembali. Seperti minyak adas manis, minyak ini termasuk salah satu solusi paling efektif dalam studi 2018 yang sama. Orang yang menginginkan obat rumahan yang sangat efektif harus mempertimbangkan penggunaan minyak zaitun dan minyak adas manis bersama-sama.

  1. Minyak kelapa adalah perawatan populer untuk kulit dan rambut kering.

Para peneliti di balik penelitian tahun 2010 di Brazil mengeksplorasi efek dari beberapa obat kutu alami dan membandingkan hasilnya dengan yang dijual bebas. Dari obat yang diuji, tim menemukan bahwa minyak kelapa murni adalah satu-satunya pengobatan yang efektif. Dalam waktu 4 jam mengaplikasikan minyak, rata-rata 80% kutu sudah mati.

  1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh adalah obat rumah yang populer untuk banyak kondisi kulit karena sifat antimikroba. Dalam sebuah studi 2010, para peneliti mengukur efek dari pohon teh dan campuran minyak lavender pada kutu di 42 orang. Setelah tiga kali perawatan dengan interval mingguan, 41 peserta tidak lagi mengalami kutu. Tingkat keberhasilan ini sebanding dengan banyak resep dan perawatan OTC.

  1. Petroleum jelly

Petroleum jellyTrusted dapat membunuh kutu dengan mencekik serangga dan mungkin telurnya. Petroleum jelly bisa berminyak dan meninggalkan bekas penggunaan, dan menghilangkannya mungkin perlu dicuci berulang-ulang. Namun, bagi orang-orang dengan kutu yang kebal terhadap pengobatan atau alergi terhadap kutu shampo, cara menghilangkan kutu rambut ini mungkin merupakan pilihan yang efektif.

  1. Obat lain

Jamu dan pendukung obat alami berpendapat bahwa berbagai macam produk, termasuk bawang putih, minyak thyme, dan minyak wijen, dapat mengobati kutu kepala. Namun, hanya ada sedikit bukti ilmiah yang mendukung keefektifannya. Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih memiliki sedikit manfaat sebagai pengobatan untuk kutu. Sementara minyak thyme dan wijen menyebabkan beberapa perbaikan pada awalnya, orang-orang yang menggunakannya sering melihat kutu kambuh kembali. Minyak adas manis dan kelapa bekerja lebih baik sebagai perawatan kutu kepala.

Apakah pengobatan rumahan berfungsi?

Penelitian tentang efektivitas pengobatan rumahan untuk kutu sedang berlangsung. Data yang muncul menunjukkan bahwa beberapa pengobatan rumahan, seperti minyak kelapa atau minyak adas manis, mungkin efektif. Namun, data yang tersedia tidak konklusif. Secara keseluruhan, penelitian yang ada tidak mengkonfirmasi bahwa pengobatan rumahan tidak bekerja. Sebaliknya, ini menunjukkan pentingnya penelitian lebih lanjut.

Kekhawatiran utama tentang pengobatan rumahan adalah bahwa mereka mungkin tidak menghilangkan kutu secara permanen. Sebuah studi dari banyak pengobatan alami menemukan bahwa dalam kebanyakan kasus, kutu kutu kembali dalam 2-8 minggu pengobatan. Sehingga, mungkin diperlukan cara yang lebih efektif untuk membunuh kutu sebagai cara menghilangkan kutu rambut yang paling efektif.

Related Post